Posting Tulisan di Blogger Hilang Tiba-Tiba Atasi dengan Export Blog

Posting tulisan anda hilang tiba-tiba di blogger? Panik? sama dong!
Beberapa kali saya mencoba untuk memperbaiki robot.txt di free template blogger yang saya gunakan (saya menggunakan Super SEO Template dari Kang Ismet). Ternyata, ada custom robot txt yang mengisyaratkan untuk 'no index, follow'. Setelah sana sini tanya ke beberapa kawan blogger, saya akhirnya memutuskan untuk menghapusnya (karena dinilai merugikan bagi blog saya).

Tidak berhenti sampai disitu, setelah saya cek di webmaster tool bagian Crawler Errors, saya juga menemukan sederetan link yang not found alias 404. Huaaaaaaaaaaa..Panik banget! Yang paling parahnya, saya menemukan link artikel postingan blog saya yang paling baru berjudul apa itu slipcover HILANG. Gila gak sih? Ini saya yang lupa main delete post itu pas liat post di blogger UI, atau memang ada error ya ? 

Karena udah sedih bukan kepayang, saya cari tahu gimana cara mengembalikan posting blogger yang hilang tiba-tiba di google. Namun jujur penonton, hasilnya nihil. Cara mengatasi hal tersebut kedepannya yakni mengdownload atau export blogger content kamu.Hal ini kalo bisa dilakukan 2 minggu sekali, biar semua blog posting kamu terbackup.

Caranya: Sign in ke blogger -> klik tab "setting" -> klik tab "other -> klik "Export Blog" pada blog tools.



Perlu diingat ini bukan cara mengembalikan ya.. Karena sampai detik ini beberapa tutorial yangs saya coba untuk memperbaiki postingan yang hilang tidak ada yang berhasil. Jadi saya memilih untuk back up secara periodik aja. Sekian tips mengatasi agar posting blogger terbaru kita tidak hilang lagi secara mendadak.

0 komentar:

Posting Komentar

Hi, thank for reading my article. If you like it, please share your thoughts on comment box. Also, don't forget to tick 'notify me' to inform that your comment already replied. See ya!
Hi, jangan lupa untuk klik "NOTIFY ME" untuk menginformasikan comment kamu telah dibalas yaa ♥

ShareThis